fbpx

Nodes Studio

Nodes Studio

Hunian Yang Cocok Untuk Milenial, Rumah atau Apartement?

Rumah atau Apartement

Hunian Yang Cocok Untuk Milenial, Rumah atau Apartement?

Dewasa ini, kita disungguhkan banyak pilihan hunian rumah dan apartement. Namun pilihan antara rumah atau apartemen tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan seseorang. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk kamu yang sedang bingung memilih rumah atau apartement :

Pertama sesuaikan dengan kebutuhan ruangan kamu. Jika kamu membutuhkan ruang yang lebih luas, rumah mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika kamu hanya membutuhkan ruang yang cukup untuk diri sendiri atau keluarga kecil, apartemen mungkin lebih cocok.

Kedua adalah Biaya, harga rumah biasanya lebih mahal daripada apartemen dengan ukuran yang sama. Selain itu, perawatan dan biaya perbaikan rumah mungkin lebih mahal dibandingkan dengan apartemen. Namun, biaya sewa apartemen bisa lebih mahal dibandingkan dengan biaya cicilan rumah, belum lagi apartement memiliki biaya lain di luar sewa seperti, keamanan, kebersihan, parkir, dan lain-lain.

Ketiga adalah lokasi, untuk kamu yang ingin memiliki rumah dengan harga terjangkau di pusat kota, hapus jauh-jauh impian tersebut. Harga rumah maupun tanah di pusat kota tidak mungkin murah. Hal ini dikarenakan pusat kota memiliki fasilitas umum yang lengkap dan strategis sehingga harga tanah maupun property di daerah tersebut ikut meningkat.

Baca Juga : Desain Interior Rumah Type 36 2 Kamar Tidur Terbaik 2023

Nah solusinya kamu dapat membeli apartemen, seperti yang saya bilang diatas dengan membeli sebuah unit apartement kamu hanya memiliki hak atas unit tersebut, tidak termaksud tanahnya oleh karena itu harga apartement di pusat kota tidak akan semahal rumah yang berada dipusat kota.

Namun untuk kamu yang tetap menginginkan sebuah rumah, rumah yang berada di pinggiran pusat kota dapat menjadi pilihan terbaik, dari harga yang masih terjangkau dan kamu akan mendapatkan ketenangan dari hiruk pikuk keramaian pusat kota.

Kempat adalah masalah keamanan, apartement biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan seperti kamera CCTV, pengawal keamanan, dan kartu akses untuk masuk. Sementara rumah biasanya lebih rentan terhadap kejahatan karena lebih mudah diakses oleh orang luar. Jadi sebisa mungkin pilihlah rumah maupun perumahan yang menerapkan one gate system dan cctv di setiap sudut perumahan.

Kelima adalah masalah kepemilikan, seperti yang saya sebutkan diatas jika kamu membeli rumah, kamu memiliki hak kepemilikan atas tanah dan bangunan. Sementara jika kamu tinggal di apartemen, kamu hanya memiliki hak kepemilikan atas unit apartemen dan harus membayar biaya perawatan dan perbaikan bersama dengan penghuni lain.

Sebagai pertimbangan buat kamu yang belum tahu, bahwa pajak bumi dan bangunan dari memiliki rumah atau apartement kurang lebih sama. Tergantung berapa harga dari masing-masingnya unitnya.

Perhitungan Pajak Rumah
Pajak Apartement
Perhitungan Pajak Apartement

Namun dengan membeli rumah kita memiliki hak atas tanah yang kita tempati, berbeda dengan apartement kamu hanya memiliki hak atas unit yang kamu tempati.

Berikut tadi adalah beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih rumah atau apartement untuk kamu jadikan hunian masa depanmu. Nah selanjutnya Nodes studio akan menjelasakan beberapa kelebihan dan kekurangan dari rumah atau apartement.

Kekurangan dan Kelebihan Rumah Atau Apartemen

Nah sebelum membahas lebih lanjut, apakah Nodes people sudah memutuskan untuk memilih rumah atau apartement? Kalau sudah, Nodes studio akan menjelaskan lebih detail kekurangan dan kelebihan dari masing-masing unit tersebut. Berikut kekurangan dan kelebihan rumah atau apartemen, diantaranya :

Kekurangan dan Keuntungan Membeli Rumah

Berikut yang perlu kamu tahu beberapa keuntungan dan kekurangan membeli rumah adalah sebagai berikut:

Keuntungan:

  1. Investasi jangka panjang: Rumah biasanya dianggap sebagai investasi jangka panjang yang stabil dan dapat memberikan keuntungan finansial yang besar dalam jangka waktu yang cukup lama.
  2. Kepemilikan: Dengan membeli rumah, Anda memiliki kepemilikan fisik atas properti tersebut, yang memberikan Anda kontrol penuh atas bagaimana rumah tersebut diperbaiki dan diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Kestabilan: Kepemilikan rumah memberikan kestabilan yang lebih besar daripada tinggal di apartemen atau rumah sewa, karena Anda tidak tergantung pada pemilik atau pengelola properti.
  4. Ekuitas: Dengan membayar hipotek setiap bulan, Anda secara bertahap membangun ekuitas rumah Anda, yang dapat menjadi sumber kekayaan Anda pada masa depan.
  5. Kesempatan berinvestasi: Dalam beberapa kasus, membeli rumah juga dapat memberikan kesempatan untuk berinvestasi di bidang properti, seperti menyewakan rumah atau menjualnya di kemudian hari dengan harga yang lebih tinggi.

Kekurangan:

  1. Biaya yang tinggi: Biaya pembelian rumah bisa sangat tinggi, termasuk uang muka, biaya notaris, biaya pengikatan hipotek, biaya pemeriksaan, dan biaya perbaikan atau renovasi.
  2. Keterbatasan fleksibilitas: Kepemilikan rumah dapat membatasi fleksibilitas Anda dalam beberapa hal, seperti kemampuan untuk pindah ke lokasi yang berbeda dengan mudah atau untuk menyesuaikan rumah sesuai dengan perubahan kebutuhan hidup Anda.
  3. Tanggung jawab pemilik: Sebagai pemilik rumah, Anda bertanggung jawab atas perawatan dan perbaikan rumah Anda sendiri, yang bisa menjadi beban keuangan dan waktu yang besar.
  4. Nilai properti: Nilai properti dapat naik atau turun, dan Anda mungkin tidak dapat menjual rumah Anda dengan harga yang sama dengan harga pembelian awal.
  5. Risiko hipotek: Jika Anda memiliki hipotek, Anda harus membayar cicilan bulanan yang dapat memakan sebagian besar pendapatan bulanan Anda, dan jika Anda gagal membayar hipotek, Anda berisiko kehilangan rumah Anda secara keseluruhan.

Kekurangan dan Keuntungan Membeli Apartement

Berikut yang perlu kamu tahu beberapa keuntungan dan kekurangan membeli apartemen adalah sebagai berikut:

Keuntungan:

  1. Harga yang lebih terjangkau: Apartemen biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah, terutama di kota-kota besar.
  2. Fasilitas: Apartemen sering dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, pusat kebugaran, ruang pertemuan, dan keamanan 24 jam, yang dapat memberikan kenyamanan bagi penghuni apartemen.
  3. Perawatan yang lebih mudah: Perawatan apartemen lebih mudah dan murah daripada perawatan rumah, karena Anda tidak perlu melakukan perawatan eksterior atau mengurus halaman dan taman.
  4. Ketersediaan di lokasi yang strategis: Apartemen umumnya terletak di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat kota, pusat perbelanjaan, transportasi publik, dan tempat-tempat hiburan, yang membuatnya lebih mudah untuk mengakses fasilitas tersebut.
  5. Keamanan dan privasi: Apartemen sering dilengkapi dengan sistem keamanan 24 jam dan kunci akses ke lantai-lantai tertentu, yang dapat memberikan rasa aman dan privasi yang lebih besar bagi penghuninya.

Kekurangan:

  1. Biaya asosiasi apartemen: Apartemen biasanya dikelola oleh asosiasi apartemen, yang memungut biaya bulanan atau tahunan dari penghuni untuk membiayai pemeliharaan dan perawatan fasilitas.
  2. Keterbatasan ruang: Apartemen memiliki keterbatasan ruang yang lebih besar dibandingkan dengan rumah, sehingga Anda mungkin tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan barang-barang atau memiliki hewan peliharaan yang besar.
  3. Ketidakpastian nilai properti: Nilai apartemen dapat naik atau turun, dan Anda mungkin tidak dapat menjual apartemen Anda dengan harga yang sama dengan harga pembelian awal.
  4. Terbatasnya kontrol atas apartemen: Anda mungkin tidak memiliki kontrol penuh atas perawatan dan renovasi apartemen Anda, karena banyak keputusan harus disetujui oleh asosiasi apartemen.
  5. Keterbatasan privasi: Karena Anda berbagi dinding dan lantai dengan tetangga Anda, privasi Anda mungkin terbatas, dan suara-suara dari apartemen tetangga dapat mengganggu Anda.

Nah berikut adalah hal yang perlu kamu tahu sebelum membeli rumah atau apartement. Perlu diketahui, setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor di atas dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

Semoga artikel mengenai perbandingan antara rumah atau apartement berikut dapat kamu jadikan referensi dalam memilih hunian masa depanmu. Nodes Studio adalah konsultan jasa desain interior dan arsitektur yang memiliki signature design kontemporer. Untuk kamu yang ingin mendesain maupun merenovasi rumah atau apartement kamu, konsultasikan segala urusannya kepada Nodes Studio, klik disini!