fbpx

Nodes Studio

Nodes Studio

Desain Taman Minimalis

Desain taman minimalis adalah konsep desain taman yang sederhana dan terkesan ringan dengan mengutamakan keindahan tanaman yang dipadukan dengan elemen dekoratif sederhana seperti batu, kayu, atau air.

Lahan hunian yang semakin terbatas, seringkali membuat banyak orang enggan untuk menghadirkan taman di rumahnya. Padahal, keberadaan taman dinilai cukup esensial untuk menambah keindahan dan juga memberikan kesan natural.

Baca Juga : Buat Quality Time Lebih Seru dengan 10 Desain Ruang Tamu Modern Minimalis

Sejatinya, keterbatasan lahan bukanlah sebuah penghalang. Anda tetap dapat menghadirkan desain taman minimalis untuk mempercantik rumah. Berikut beberapa tips dalam merancang taman minimalis:

  1. Tentukan ukuran taman: Pertama-tama, tentukan ukuran taman yang ingin Anda buat. Dalam desain taman minimalis, penting untuk memperhatikan ruang yang tersedia dan tidak terlalu memaksakan banyak elemen yang rumit.
  2. Gunakan elemen dekoratif sederhana: Batu, kayu, atau air dapat digunakan sebagai elemen dekoratif yang sederhana dan efektif dalam desain taman minimalis. Batu dan kayu dapat digunakan sebagai batas atau jalan setapak, sedangkan air dapat diintegrasikan dalam kolam atau air mancur kecil.
  3. Pilih tanaman yang tepat: Tanaman adalah elemen penting dalam desain taman minimalis. Pilih tanaman yang tidak terlalu besar dan mudah dirawat seperti bambu, palem, atau kaktus. Anda juga bisa memilih tanaman hias dalam pot yang dapat dipindahkan jika diperlukan.
  4. Pilih tata letak yang sederhana: Tata letak taman yang sederhana dan tidak terlalu rumit akan memudahkan dalam perawatan dan membuat taman minimalis terlihat lebih rapi. Gunakan jalan setapak dan batas-batas yang sederhana dan tidak terlalu banyak bercabang-cabang.
  5. Pilih furnitur yang minimalis: Pilih furnitur yang sederhana dan minimalis untuk ditempatkan di taman. Sebuah kursi atau bangku kecil yang dibuat dari kayu atau logam dapat memberikan sentuhan yang menyenangkan dan berpadu dengan suasana taman.
  6. Pertimbangkan pencahayaan: Pencahayaan juga penting dalam desain taman minimalis. Tambahkan pencahayaan dengan mengintegrasikan lampu kecil atau lampu sorot pada batas-batas taman atau tanaman tertentu.

Itulah beberapa tips dalam merancang taman minimalis yang efektif. Ingat, penting untuk mempertimbangkan ruang yang tersedia dan memilih elemen dekoratif serta tanaman yang tepat untuk menciptakan tampilan taman minimalis yang indah dan ringan.

Inspirasi Desain Taman Minimalis

Taman dengan hamparan rumput dan tumbuhan hijau dapat membuat suasana rumah menjadi lebih rileks. Namun tidak hanya itu, kehadiran area ini nyatanya juga dapat memasok oksigen alami yang dapat membuat udara lebih sejuk dan segar. Dilihat dari fungsinya yang cukup penting, tidak ada salahnya Anda mulai menyulap lahan kosong menjadi taman dengan konsep minimalis.

Bingung dengan tampilannya? Berikut beberapa inspirasi desain taman minimalis dari Nodes Studio!

Desain Taman Depan Rumah

Taman Depan Rumah
PINTEREST

Sisakan sedikit lahan di area halaman untuk dijadikan sebagai taman. Walaupun ukurannya terbilang cukup terbatas, Anda tetap dapat berkreasi untuk menciptakan taman yang menawan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Mulai dari memberikan rumput di lahan yang tersisa, tanam satu atau dua tanaman hias berukuran kecil ke sedang, dan tempatkan beberapa tanaman atau bunga pada pot sebagai tambahan.

Taman Vertikal yang Hemat Tempat

Desain Taman Minimalis
POPMAMA

Aplikasi vertical garden atau taman vertikal tidak hanya sebagai solusi untuk lahan yang terbatas. Namun, jenis taman ini juga dapat menghadirkan tampilan yang lebih menarik dan estetik. Desain taman yang memanjang dan lazim berada pada area dinding dan pagar ini, biasanya diisi oleh tanaman hidroponik yang tidak membutuhkan tanah sebagai media tanam.

Taman dengan Aksen Batu Koral

Desain Taman Minimalis
KUMPARAN

Jika tidak ingin menggunakan rumput sebagai media penutup tanah, Anda dapat memilih batu koral sebagai opsi lain yang tak kalah mempercantik taman. Batu koral merupakan salah satu variasi batuan alam yang sering digunakan sebagai dekorasi pada area lanskap. Terdapat dua pilihan warna yang lazim digunakan, yakni putih dan hitam natural. Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa menata batu koral dengan cermat di antara tanaman untuk memberikan kesan estetik.

Taman Bunga Nan Cantik

Desain Taman Minimalis
SHUTTERSTOCK

Selain menempatkan tanaman hijau yang menyejukan, Anda juga dapat mempercantik taman dengan warna-warni dari bunga. Ada beberapa jenis bunga yang dapat Anda pilih, mulai dari petunia, begonia, geranium, soka, dan lainnya. Untuk penataannya pun tidak terlalu sulit, Anda bisa menaruh potnya di rak, digantung, atau dijadikan sebagai pembatas antara area taman dan teras.

Desain Taman Minimalis dengan Air Mancur

Desain Taman Minimalis
HAI BUNDA

Agar kesan alami di area taman semakin meningkat, Anda juga dapat menghadirkan dekorasi seperti air terjun. Selain membuat tampilan taman menjadi lebih menawan, perpaduan tanaman hijau dan juga suara gemericik air akan membuat suasana menjadi lebih rileks dan tenang. Sehingga ketika pulang ke rumah, rasa lelah dan stres akan sedikit terobati. Nah, Jika memiliki lahan berlebih, Anda juga dapat membuat kolam ikan kecil yang menyatu dengan air terjun tersebut.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Desain Open Space untuk Rumah Anda

Kehadiran taman tidak hanya sekedar untuk pemanis rumah belaka. Jika dipahami lebih dalam, area ini dapat memberikan energi positif dan menghadirkan suasana rileks untuk seluruh anggota keluarga. Apakah Anda tertarik untuk menghadirkan taman indah yang berpadu harmonis dengan desain rumah nan menawan? Jika iya, Nodes Studio siap membantu untuk mewujudkan impian tersebut.

Teras Belakang yang nyaman

Nodes Studio merupakan konsultan serta jasa desain interior dan arsitektur yang berfokus pada gaya kontemporer, minimalis, dan modern klasik. Dengan tim berpengalaman, Nodes Studio akan membantu Anda dalam menciptakan desain terbaik untuk membantu meningkatkan kualitas hidup setiap penghuninya. 

Yuk, desain dan bangun hunian atau ruang komersial impian Anda bersama Nodes Studio! Informasi lebih lanjut, klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*