fbpx

Nodes Studio

Nodes Studio

Inspirasi Desain Garasi Mobil Minimalis, Pilih Terbuka atau Tertutup?

Garasi mobil minimalis menjadi salah satu area yang cukup esensial di rumah, terutama bagi Anda yang memiliki kendaraan. Namun sayangnya, dengan alasan keterbatasan lahan banyak orang yang tidak memprioritaskan kehadiran garasi mobil minimalis. Mereka pun memilih menaruh kendaraan di jalan, yang mana akan meningkatkan risiko terjadinya kehilangan. 

Daripada terus dibuat khawatir dengan risiko kehilangan. Ada baiknya, ketika melakukan pembangunan atau renovasi, Anda menyisihkan beberapa meter lahan dan menyulapnya sebagai garasi.

Baca Juga : 10 Desain Fasad Rumah Minimalis yang Cocok untuk Milenial

Lahan yang dibutuhkan pun tidak harus besar, asalkan cukup untuk menaruh kendaraan yang dimiliki dan sedikit tempat penyimpanan untuk berbagai kebutuhan mobil ataupun motor.

Secara letak, garasi bisa diletakkan di mana saja, tergantung dengan layout rumah secara keseluruhan. Misalnya, untuk rumah cluster biasanya garasi terletak di depan.

Peletakan ini dipilih karena umumnya area belakang dan samping rumah cluster sudah terisi dengan bangunan lain. Lain halnya jika memiliki rumah dengan area yang cukup luas, Anda dapat menaruh garasi di depan, samping, belakang, atau bahkan di basement.

Mengenal Fungsi dan Jenis Garasi Rumah

Secara umum, garasi memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai jenis kendaraan Anda. Dengan adanya garasi, kendaraan Anda dapat terlindungi dari terpaan cuaca sekaligus keamanannya pun lebih terjaga. Namun lebih dari itu, ternyata fungsi garasi dapat memiliki cakupan yang lebih luas, lho.

Jika terdapat area kosong di garasi, Anda dapat mengalihfungsikannya sebagai tempat penyimpanan. Dengan begitu, barang-barang kebutuhan mobil, motor, ataupun kendaraan lainnya dapat tertata dengan baik dan rapi.

Baca Juga : Terapkan 10 Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Ini Saat Renovasi

Setelah mengetahui pentingnya peran garasi mobil minimalis untuk rumah Anda. Kini saatnya memilih jenis garasi mana yang akan diaplikasikan. Terdapat dua jenis garasi yang lazim digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pertama adalah garasi terbuka, dan kedua adalah garasi tertutup.

Garasi Terbuka

Dikenal juga dengan istilah carport, jenis garasi mobil minimalis yang pertama ini memiliki konsep terbuka maupun semi-terbuka. Letak garasi ini biasanya berada setelah pagar dengan tambahan kanopi sebagai pelindung kendaraan dari berbagai terpaan cuaca.

Jenis garasi yang satu ini mulai populer di Indonesia ketika rumah minimalis menjadi primadona. Kini, banyak masyarakat yang memilih jenis garasi terbuka karena dianggap lebih menghemat area untuk lahan yang terbatas.

Selain dianggap lebih hemat area, aplikasi garasi terbuka juga memiliki keuntungan lain. Soal biaya pembangunan, garasi terbuka memang terbilang lebih ekonomis karena Anda tidak harus membuat ruangan baru yang pastinya memakan biaya lebih.

Selain itu, area garasi pun dapat dibuat lebih multifungsi. Misalnya, ketika kendaraan sedang tidak ada, area ini bisa dijadikan tempat untuk menjemur pakaian karena paparan sinar mataharinya yang cukup baik.

Namun, penggunaan garasi terbuka ternyata juga memiliki kekurangannya sendiri. Pada beberapa desain, kehadiran jenis ini dapat menutupi area sirkulasi seperti jendela. Akibatnya, ruangan tersebut pun tidak akan mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan cukup.

Selain itu, tingkat keamanan di garasi terbuka terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan garasi tertutup. Hal ini disebabkan karena hanya ada pagar sebagai penghalang antara kendaraan Anda dengan jalan utama.

Garasi Tertutup

Seperti namanya, jenis garasi ini memiliki konsep tertutup dengan tembok, atap, dan pintu. Keberadaannya biasanya menyatu dengan bangunan rumah sehingga terkesan sebagai satu ruangan tersendiri.

Untuk melengkapi keamanan di garasi ini, Anda membutuhkan pintu sebagai media pengaman. Ada beberapa jenis pintu yang bisa dipilih, mulai dari rolling door, sliding door, dan lainnya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Desain Open Space untuk Rumah Anda

Kehadiran garasi tertutup dapat mendatangkan beragam keuntungan untuk rumah Anda. Seperti yang dipaparkan sebelumnya, garasi dengan konsep tertutup memang memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan garasi terbuka.

Selain itu, karena keberadaannya yang menyatu dengan rumah, jadi garasi ini tidak akan merusak estetika fasad yang sudah didesain dengan matang.

Walaupun begitu, garasi mobil minimalis yang tertutup ternyata juga memiliki kekurangannya tersendiri, yakni soal biaya. Ketika mengaplikasikan jenis garasi ini di rumah, Anda harus membangun sebuah ruangan di mana akan menghabiskan budget yang lebih besar. Belum lagi, Anda juga harus menghadirkan pintu berkualitas agar keamanannya lebih baik.

10 Desain Garasi Mobil Minimalis

Desain garasi mobil minimalis
Pinterest
Desain garasi mobil minimalis
Pinterest
Desain garasi mobil minimalis
Pinterest
Garasi semi terbuka
Pinterest
dalam garasi rumah
Pinterest
garasi mobil terbuka
Pinterest
garasi mobil tertutup
Pinterest
Garasi dalam rumah mewah
Pinterest
garasi mobil mewah
Pinterest
garasi keren
Pinterest

Berikut beberapa garasi mobil minimalis yang dapat diterapkan pada hunian kamu. Jadi garasi mobil yang mana yang sesuai dengan selera kamu?

Nodes studio adalah perusahaan jasa desain interior dan arsitektur dengan signature desain interior modern & kontemporer. Jika kamu memutuskan untuk menerapkan desain interior modern pada hunianmu. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*